Fitur Tersembunyi Aplikasi Whatsapp Terbaru 2022

Terdapat 10 fitur tersembunyi di apliasi Whatsapp yang jarang digunakan tetapi memiliki manfaat yang bagus, selengkapnya...
auqri

auqri.com - Fitur tersembunyi di aplikasi Whatsapp untuk update-an terbaru tahun 2022 yang jarang banget digunakan. Whatsapp saat ini telah memiliki lebih dari 2,2 Miliar pengguna di seluruh dunia.

Hal ini tentu didukung dengan berbagai macam fitur yang tersedia di aplikasi Whatsapp, salah satunya seperti fitur pengguna bisa melihat pesan whatsapp walaupun sudah dihapus. Jadi hal ini tentu tidak akan membuat penasaran lagi terkait pesan yang telah dihapus oleh orang lain.

Fitur Tersembunyi Aplikasi Whatsapp Terbaru 2022

Fitur Tersembunyi di Aplikasi Whatsapp

Nah tidak hanya fitur-fitur yang disebutkan diatas, akan tetapi ada juga beberapa fitur tersembunyi di aplikasi whatsapp yang jarang digunakan tapi memiliki manfaat yang bagus diantaranya:

1. Play Voice Note Before Sending

Fitur ini memungkinkan kamu bisa mendengarkan terlebih dahulu rekaman sebelum dikirimkan ke grup chat atau kontak lain di aplikasi whatsapp. 

Tapi akan berbeda jika kamu menekan dan menahan tombol microfon untuk merekam suara, kamu tidak akan bisa mendengarkan rekaman tersebut dan rekaman itu akan langsung terkirim secara otomatis.

Lalu, bagaimana cara agar rekaman yang dikirim bisa didengarkan terlebih dahulu? Jadi terdapat beberapa langkah yang harus kamu lakukan, yaitu:

  1. Klik dan tahan tombol microfon pada aplikasi Whatsapp
  2. Lalu swipe up untuk mengunci perekamannya
  3. Klik tombol pause untuk menjeda perekaman suara
  4. Klik tombol delete untuk menghapus rekaman suara
  5. Klik tombol send untuk mengirimkan rekaman suara
  6. Selesai

Bagaimana, berbeda bukan jika kamu hanya menekan dan menahan tombol microfon dengan melakukan langkah swipe up setelah tombol ditekan. 

2. Auto Play Voice Note

Kamu tahu tidak sih kalau loudspeaker di smartphone itu ada 2, satu berada dibawah dan satunya lagi berada diatas. Coba kamu rekam suara 1 menit saja di aplikasi Whatsapp, lalu kamu dengarkan. 

Pertama dengarkan suara rekaman menjauhi hp, maka suara yang muncul akan keluar dari loudspeaker yang ada dibawah, sedangkan jika kamu mendengarkan suara rekaman mendekati wajah, maka suara yang muncul akan keluar dari loudspeaker yang ada dibagian atas. 

Bagaimana, apakah berhasil? 

3. Unlock Whatsapp with Fingerprint

Jika smartphone yang kamu gunakan mendukung fingerprint, kamu bisa memanfaatkan settingan default di hp kamu untuk membuka aplikasi Whatsapp. 

Jadi buat kamu yang hapenya sering dipinjam oleh teman, kamu bisa mengunci aplikasi Whatsapp menggunakan fingerprint. Sehingga privasi chat atau pesan yang ada di aplikasi Whatsapp kamu bisa aman dan terjaga.

Untuk mengaktifkan fitur ini, ada beberapa langkah yang harus kamu lakukan yaitu:

  1. Buka aplikasi Whatsapp
  2. Lalu pilih options di titik tiga pada pojok kanan atas aplikasi wa kamu
  3. Lalu masuk ke menu setting / pengaturan
  4. Setelah itu pilih account, lalu privacy
  5. Lalu scroll kebawah dan aktifkan fitur fingerprint-nya
  6. Kamu akan diminta untuk verifikasi sidik jari kamu
  7. Selesai. 

Setelah itu kamu bisa memilih unlock Whatsapp dengan waktu yang bisa ditentukan, beberapa diantaranya ialah:

  • Immediately. Whatsapp akan langsung terkunci setelah kamu menutup aplikasinya.
  • After 1 minute. Whatsapp akan terkunci setelah keluar dari aplikasi 1 menit kemudian
  • After 30 minute. Whatsapp akan terkunci setelah keluar dari aplikasi 30 menit kemudian

Kamu juga bisa menonaktifkan notifikasi yang muncul jika ada pesan yang masuk saat aplikasi whatsapp terkunci. Silahkan aktifkan saja toggle yang tersebut pada pengaturan fingerprint di Aplikasi Whatsapp.

4. Enable 2-Step Verification For Security

Pada fitur ini kamu bisa mengaktifkan verifikasi 2 langkah untuk keamanan aplikasi Whatsapp kamu, sehingga tidak sembarang orang bisa login ke WA kamu. Karena dengan mengaktifkan fitur ini, maka pengguna harus memverifikasi kode yang dikirimkan untuk bisa masuk.

Untuk mengaktifkannya fitur 2-step verification for security ini simak langkah-langkahnya dibawah ini:

  1. Buka aplikasi Whatsapp
  2. Pilih options titik tiga di pojok kanan atas layar
  3. Lalu pilih setting / pengaturan
  4. Setelah itu pilih account
  5. Lalu pilih 2-Step Verification
  6. Lalu klik tombol enable / aktifkan fitur
  7. Lalu masukkan PIN atau kata sandi untuk masuk aplikasi whatsapp
  8. Selesai

Nah fitur ini akan akan saat kamu keluar dan ingin masuk kembali ke aplikasi Whatsapp di hp kamu atau juga saat kamu ingin login atau masuk ke aplikasi Whatsapp lewat perangkat lain. Kamu harus memasukkan kata sandi yang sudah ditentukan pada langkah diatas untuk bisa masuk kedalam aplikasi.

5. Archive Chat on Whatsapp

Pada aplikasi Whatsapp versi terbaru saat ini, kamu bisa menyembunyikan pesan atau chat yang dikirimkan oleh orang lain ke folder archive. 

Sehingga pesan-pesan yang muncul dihalaman depan hanya chat-chat yang penting saja, kamu bisa menyembunyikan pesan yang tidak terlalu penting tanpa menghapusnya lewat folder archive ini. 

Jika kamu ingin melihat pesan yang ada folder archive, kamu bisa menekan tombol arsip yang berada di paling atas chat. Maka akan terlihat pesan-pesan yang kamu sembunyikan di folder arsip. 

6. Use Custom Notification Tone

Jika kamu bergabung ke banyak grup di aplikasi Whatsapp, kamu bisa loh mengubah suara notifikasi untuk setiap grup. Jadi kamu bisa mengatur sendiri notifikasi yang cocok dan khas untuk grup yang kamu miliki. 

Tidak hanya grup saja, kamu juga bisa custom notification tone untuk kontak chat di aplikasi Whatsapp kamu, jadi jika kamu mendengar notifikasi tertentu kamu bisa tau notifikasi yang didengar tersebut dari kontak atau grup yang mana.

Untuk mengaktifkan fitur ini, kamu bisa langsung membuka profil grup atau kontak Whatsapp yang ingin di custom notification-nya, lalu pilih nada dering yang cocok untuk notifikasi chat yang masuk. 

7. Direct Whatsapp Chat Without Saving Phone Number

Kamu bisa banget loh chat seseorang yang mungkin belum kamu kenal tanpa harus menyimpan kontak atau nomor handphonenya. Apabila kamu ada keperluan sementara dan memaksa kamu untuk chat kepada orang tersebut, kamu bisa langsung chat tanpa harus simpan terlebih dahulu nomor hp nya. 

Untuk caranya kamu bisa menggunakan aplikasi pihak ke-3 atau kamu bisa mengirim pesan berupa link ke teman terdekat kamu. Link tersebut berisi nomor handphone dari kontak yang ingin kamu chat tanpa simpan nomor hapenya. 

Bingung? Simak langkah-langkahnya dibawah ini:

  1. Buka aplikasi Whatsapp
  2. Pilih satu teman yang ingin kamu kirim pesan linknya
  3. Lalu ketikkan: wa.me/628.... (dilanjutkan nomor handphone kontak yang ingin dichat. Contoh wa.me/62819123456789) lalu kirim
  4. Setelah itu klik link yang sudah kamu kirimkan, maka akan langsung diarahkan ke nomor handphone yang ingin kamu chat tersebut
  5. Selesai

Pada langkah ini kamu sudah bisa langsung chat orang tersebut tanpa harus simpan kontak atau nomor handphonenya terlebih dahulu. Gimana berhasil kan?

8. Backup Chat History to Google Drive

Ketika kalian login atau masuk ke aplikasi Whatsapp dengan perangkat yang berbeda, kalian bisa memanfaatkan fitur backup ke Google Drive ini. Jadi kamu bisa menyimpan history chat, foto, video, atau data lain ke perangkat yang berbeda. 

Jika kamu tidak mengaktifkan fitur ini maka saat kamu login atau masuk ke aplikasi Whatsapp di perangkat yang berbeda, beberapa pesan, chat, video, foto yang ada akan hilang. Sehingga whatsapp kamu akan terlihat seperti baru dibuat.

Untuk mengaktifkan fitur backup chat history to google drive ini, kamu bisa mengikuti panduannya dibawah ini:

  1. Buka aplikasi Whatsapp
  2. Buka menu setting atau pengaturan
  3. Lalu pilih Chat dan pilih backup
  4. Setelah itu pilih akun google drive
  5. Selesai

Jika pada langkah diatas selesai dilakukan, maka Whatsapp akan membackup keseluruhan data yang ada di aplikasi Whatsapp kamu ke dalam akun Google Drive yang sudah kamu pilih sebelumnya.

Nah jika kamu ingin melakukan backup pada perangkat yang berbeda, pastikan kamu sudah login atau masuk ke akun google kamu agar bisa dilakukan backup secara otomatis saat kamu masuk ke aplikasi Whatsapp-nya.

9. Add New Contact With QR Code

Kamu bisa banget menambahkan kontak baru lewat scan QR Code di aplikasi Whatsapp kamu. Fitur Scan QR Code yang ada di aplikasi Whatsapp ini bisa digunakan secara multifungsi, pertama untuk menautkan perangkat lain diluar smartphone seperti whatsapp web atau dekstop. 

Lalu kegunaan yang kedua untuk menambahkan kontak baru ke aplikasi Whatsapp atau smartphone kamu, jadi untuk mengaktifkan fitur ini kamu bisa pergi ke menu pengaturan lalu kamu tinggal klik icon QR Code yang ada di sebelah nama WA kamu.

10. Marked or Starred Important Messages

Pada fitur Whatsapp yang terakhir kamu bisa menandai pesan yang kamu anggap penting didalam grup atau kontak wa kamu. Caranya kamu bisa tekan lama pesan yang ingin ditandai, lalu klik tombol starrred atau icon bintang yang ada dibagian atas layar.

 Untuk melihat pesan yang sudah di marked atau tandai, kamu bisa klik icon bintang pada halaman depan aplikasi Whatsapp kamu. Maka disitu akan terlihat pesan-pesan apa saja yang sudah kamu tandai baik yang berasal dari grup ataupun pesan wa dengan orang lain.

***

Nah gimana, fitur-fitur apa saja nih yang belum kamu gunakan selama kamu menggunakan aplikasi Whatsapp? Sayang banget kalau tidak dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya. 

Demikianlah ulasan terkait fitur tersembunyi yang ada di aplikasi Whatsapp terkait update-an terbaru di tahun 2022 ini, semoga bermanfaat. 

Komentar
tantiamelia.com Pemosting Komentar
Banyak juga ya fitur Whatsapp - paling sering itu temen atau aku kepencet voice note dan itu memalukan! Ternyata ada toh caranya.. makasih ya

Aku paling sering menggunakan archive untuk menyembunyikan pesan atau chat grup, alasannya tentu saja kalau di grup kan bisa dibaca nanti aja, karena pasti apa pun yang dishare di grup itu "kurang penting" karena tidak personal!

Adinda Tami Pemosting Komentar
Baru bgt tau kalau voice note ternyata bisa didengar dulu sebelum dikirim hihi.. Langsung kucoba dan berhasil. Nanti kalau mau vn an mau praktek cara ini karena suara kan ga bisa diedit ya dan kadang kurang sesuai makanya harus didengar dulu sebelum dikirim 😄
Diah Alsa Pemosting Komentar
wohoo ada beberapa nih yang baru saya tahu, termasuk two factor. authentivicatiion, QR Code dan play voice not before send, hmm yang ini mungkin karena saya jarang banget pakai pesan suara sih jadi gak ngeh :D
Dee_Arif Pemosting Komentar
Wah iya, WhatsApp 2022 ini fitur-fiturnya makin lengkap ya mbak
Aku baru tahu tentang fitur-fitur tersembunyi dari WhatsApp setelah baca artikel ini
Duh, kemana saja aku
Padahal pakai WhatsApp tiap hari
Irawati Hamid Pemosting Komentar
Wahh ternyata banyak hal yang belum saya ketahui tentang WA. Nanti mau coba kulik lebih dalam lagi ahh biar bisa tahu
Adi Pemosting Komentar
Whatsapp terus berbenah, dan memang harus seperti itu. Tapi saya rasa makin ke sini pakai WA, khususnya WA web makin lemot. Ada juga yang merasakannya?